MPPL – Tugas 1, Deskripsi dan Inisiasi Proyek

Latar Belakang

Hampir 800.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun, atau satu orang setiap 40 detik. Bunuh diri adalah fenomena global dan dapat terjadi sepanjang kehidupan seseorang. Intervensi yang efektif dan berbasis bukti dapat diterapkan pada tingkat populasi, sub-populasi dan individu untuk mencegah upaya bunuh diri dan bunuh diri. Ada indikasi bahwa untuk setiap orang dewasa yang meninggal karena bunuh diri, terdapat lebih dari 20 lainnya yang mencoba bunuh diri.

Pada zaman ini, hampir semua orang memiliki akses ke internet atau smartphone untuk kehidupan keseharian. Namun, dengan akses ke teknologi secanggih ini, banyak orang masih mengalami kesulitan dengan keinginan untuk bunuh diri, dikarenakan banyak yg masih kebingungan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan dibangun berupa aplikasi suicide consolation yang dapat diakses melalui smartphone. Applikasi ini berperan sebagai “teman” bagai pengguna untuk mengkomunikasikan masalah yang sedangan dialamai.
Applikasi ini menggunakan teknologi artificial intelligence yang berperan sebagai salah satu opsi teman komunikasi bagi pengguna. Opsi yang lain adalah psikologis asli yang telah ditempatkan sebagai responden bagi pengguna applikasi ini. Dengan menggunakan applikasi ini, diharapkan banyak orang yang tadinya tidak terbantu dengan masalah keinginan untuk bunuh diri dapat tertolong.

Inisiasi Proyek

Business Case

Langkah pertama yakni membuat proposal seputar cakupan dari proyek, tujuan, kebutuhan, finansial, resiko, dsb.

Feasibility Study

Mencari solusi dari resiko dan masalah yang ada atau yang mungkin akan muncul saat pengerjaan proyek. Serta mencari semua hal yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek yang sukses.

Project Charter

Membuat dokumen proyek resmi yang digunakan untuk mendefinisikan dan mengesahkan sebuah proyek. Project charter biasanya berisi target proyek, otorisasi proyek, stakeholders utama, kebutuhan, batasan produk, dan lain sebagainya.

Assembling Project Team

Setelah semua aspek mengenai proyek sudah jelas, maka selanjutnya adalah menunjuk tim untuk mengerjakan proyek tersebut. Mencari orang-orang yang memiliki skill yang sesuai untuk berbagai bagian yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek ini.

Set up the project office

Menentukan tempat fisik untuk mengerjakan proyek.

Review the Initiation Phase

Meninjau dan mengevaluasi setiap bagian proyek yang telah diselesaikan.

Dasar Ide Proyek

Proyek ini di inspirasi oleh applikasi SAP yang telah ada. Namun, dimana applikasi SAP ini fokus untuk membantu pengguna dalam proses membantu orang sekitarnya yang memiliki keinginan bunuh diri, proyek ini lebih terfokus pada langsung membantu orang yang berkeinginan untuk bunuh diri.

Leave a comment